BeOS

BeOS

BeOS merupakan system operasi yang memiliki sederet kelebihan. Sustem opersi modern (ModemOS) adalah system operasi yang menyediakan jaminan stabilitas dan kinerja tinggi pada sebuah komputer. Dalam wacana teknologi computer, stabilitas dan kinerja sebuah system operasi ditentukan oleh rancangan arsitekturnya. Apa yang membuat sebuah OS menjadi stabil tidak lain adakah adanya kemampuan protected Memory, Virtual Memory, dan rancangan object-oriented. Di lain pihak, kinerjanya di tentukan oleh kesanggupan untuk melakukan preemptive multitasking, symmetric multiprocessing, dan multithreading. MacOS memang telah memiliki beberapa features tersebut, tetapi kemampuannya masih sangat terbatas sehingga terlihat begitu lemah berhadapan dengan pesaingnya.

Riwayat Singkat BeOS

Semula BeOS hanya di pasang pada computer khusus dual-processor, yang di kenal dengan nama BeBox. Tujuan pengintegrasian BeOS ke dalam lingkungan Macintosha tidak lain untuk menambah jumlah pengguna system operasi tersebut. Kebetulan BeBox juga berjalandengan processor PowerPC. Maka relative tanpa kesulitan BeOS boleh dijalankan pada setaip unit PowerMac tang ditancapi PowerPC generasi 603 ke atas.

Ciri-Ciri Dan Kelebihan BeOS

BeOS memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan Windows N.T. 4.0. Apa saja kelebihan BeOS?

Pertama, BeOS memiliki kesanggupan protected memory, penjamin stabilitas kerja komputer. Sistem operasi yang telah memiliki kesanggupan ini akan sangat jarang mengalami crash.

Kedua, preemptive multitasking. Sebuah aplikasi yang sedang boleh melahap habis ruang memori yang tersedia, dan hanya memberikannya pada aplikasi lain ketika ia tidak lagi memerlukannya. Akibatnya, aplikasi-aplikasi tersebut tidak berjalan secara serentak bersama, melainkan saling menunggu giliran sampai aplikasi pertama tidak lagi memerlukan memori, ini jelas tidak efektif dan tidak efisien,

Ketiga, system viortual memory modern. Seperti pada Windows 95 dan NT 4.0, BeOS telah dilengkapi dengan system memory virtual yang lebih maju. Fasilitas ini memungkinkan user untuk menjalankan lebih banyak aplikasi. Sistem operasinya akan menentukan sendiri jumlah memori yang diperlukan oleh setiap aplikasi, dan berapa besar ruang hardisk yang akan dipakai sebagai memori virtual.

Keempat, BeOS telah menerapkan konsep pendekatan Application Programming Interface (API) object-oriented secara penuh.

Kelima, multithreading. Thread adalah bagian-bagian dari program yang secara mandiri mengatur proses komputasi individual atau untuk berkomunikasi dengan program lain BeoS memungkinkan aplikasi-aplikasi untuk membuat beberapa thread.

Keenam, BeOS memiliki kapabilitas Symmetric MultiProcessing (SMP), tetapi setiap processor tidak boleh menjalankan tugasnta secara terpisah.

Beberapa kelebihan lain BeOS adalah:

  1. Kecepatannya lebih tinggi disbanding beberapa system operasi lainnya
  2. User boleh melakukan beberapa proses penyalinan
  3. Dalam BeOS, kotak dialog Save dan Open hanya merupakan jendela yang lain
  4. Context sensitive menus
  5. Extensive keyboard control, seluruh menu dalam BeOS boleh diakses melalui keyboard, dan seetiap menu memiliki shortcut
  6. Kesanggupan untuk mengecilkan jendela, jika User mengklik dua kali pada kepala (Tab) jendela yang terbuka, jendela tersebut akan mengkerut dan hanya tab-nya yang terlihat

Keburukan BeOS

Dibalik semua kelebihan tadi, BeOS tentu saja belum merupakan system operasi yang matang untuk lingkungan Macintosh. BeOS belum dilengkapi dengan beberapa fitur selama ini menjadi kunci kenyamanan kerja pada computer. BeOS juga belum mendukung mekanisme drag-and-drop teknologi QuicTime Layer, dan sederatan panjang kelebihan MacOS lainnya.

One Response to “BeOS”

  1. Mr WordPress Says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: